Sunday 18 November 2018

PERBEDAAN PENDIDIKAN FORMAL, NONFORMAL, DAN INFORMAL

Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal ini meliputi Pendidikan anak usia dini jalur formal (TK/RA), Pendidikan dasar (SD/MI, SMP/MTs), Pendidikan menengah (SMA/MA, SMK/MAK), dan Perkuliahan.
Pendidikan norformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal ini meliputi Lembaga kursus dan lembaga pelatihan, Kelompok belajar, Pendidikan anak usia dini jalur nonformal (Kelompok bermain/Kober dan Taman Penitipan Anak/TPA), Program paket A, B, C, Majelis taklim, Pesantren, dan Homeschooling (bila sudah berkembang jadi satu komunitas yang tertata dengan badan pengurus yang terstruktur).
Pendidikan informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan. Pendidikan informal dilakukan oleh keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Contohnya pendidikan anak usia dini yang dilakukan di keluarga dan lingkungan, serta Homeschooling (bila hanya kegiatan mengajar anak keluarga sendiri dengan jumlah peserta yang sangat terbatas (tidak sampai 5 orang)).

No comments:

Post a Comment