Friday 2 November 2018

PERBEDAAN KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017-2018

Kurikulum 2013
1.      Harus menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik atau scientific approach dengan tahapan 5M yaitu Mengamati, Menanya,  Mencoba/Mengumpulkan Data, Mengasosiasikan/Mengelola Informasi, dan Mengkomunikasikan/Menyajikan.
2.      Komponen silabus terdiri dari Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar.
3.      Penilaian pembelajaran terdapat Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS).
4.      Dalam RPP, disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dengan lembar penilaian terpisah dari lembar materi pembelajaran.
5.      Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan Kegemaran Membaca, Pemahaman Beragam Bacaan, dan Berekspresi dalam Bentuk Tulisan.

Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017-2018
1.      Pendekatan saintifik atau scientific approach dengan tahapan 5M bukanlah satu-satunya pendekatan saat pembelajaran dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
2.      Komponen silabus lebih ramping terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran.
3.      Penilaian pembelajaran terdapat Penilaian Harian (Pengganti Ulangan Harian), Penilaian Akhir Semester (Pengganti UAS) untuk Semester 1, dan Penilaian Akhir Tahun (Pengganti UAS) untuk Semester 2. Tidak ada lagi UTS, langsung ke Penilaian Akhir Semester atau Penilaian Akhir Tahun.
4.      Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi pembelajaran dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian.
5.      Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, 4C (CreativeCritical ThinkingCommunicative, dan Collaborative), dan HOTS (Higher Order Thinking Skill).
Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

www.guru-id.com

No comments:

Post a Comment