Tuesday 20 November 2018

KENAPA DI SD ADA KELAS RENDAH DAN KELAS TINGGI, SEDANGKAN DI SMP DAN SMA TIDAK?

Mungkin pernah bertanya-tanya, “Mengapa pada jenjang SD ada kelas rendah dan kelas tinggi, sedangkan pada jenjang SMP dan SMA tidak?” Memang berbeda dengan SMP dan SMA, pada jenjang SD dibagi ke dalam kelas rendah (kelas 1-3) dan kelas tinggi (kelas 4-6). Hal tersebut bukan didasarkan atas 6 : 2 jadi masing-masing 3 kelas, tetapi berdasarkan karakteristik siswanya. Berikut di antaranya:
1.      Usia kelas rendah yaitu 6 atau 7 sampai 8 atau 9 tahun, sedangkan usia kelas tinggi yaitu 9 atau 10 sampai 11 atau 12 tahun.
2.      Usia kelas rendah berada pada usia kanak-kanak tengah, sedangkan usia kelas tinggi berada pada usia kanak-kanak akhir.
3.      Siswa kelas rendah masih bersifat konkret dan holistik, sedangkan siswa kelas tinggi mulai mampu mencerna sesuatu yang abstrak dan parsial.
4.      Siswa kelas rendah menganggap bermain merupakan bagian yang serius seperti halnya bekerja, sedangkan siswa kelas tinggi sudah mulai mengerti memposisikan bermain.
5.      Muatan materi pada kelas rendah sangat kental dengan penanaman nilai, sikap, dan perilaku sehingga masih sedikit muatan ilmiahnya, sedangkan pada kelas tinggi sudah mulai diberi porsi lebih terhadap muatan ilmiah.

No comments:

Post a Comment