Saturday 17 November 2018

5 KELUHAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

1.      TIK sebagai Media Pembelajaran
Sebelumnya saat KTSP, TIK merupakan mata pelajaran terpisah. Sedangkan dalam kurikulum 2013, TIK menjadi media pembelajaran. Artinya TIK harus diterapkan dalam setiap kegiatan pembelajaran. Terutama bagi guru yang tidak muda lagi juga bagi sekolah yang berada di daerah dan pedalaman yang terkendala sarana prasarana, ini dirasa sulit.
2.      Pembelajaran Tematik
Tujuan dari pembelajaran tematik adalah agar antarmata pelajaran dan materi saling terkait dan tidak terpisah-pisah. Namun masalah yang muncul adalah tidak semua mata pelajaran dan materi cocok untuk ditematikkan, membagi porsi materi dari masing-masing mata pelajaran yang ditematikkan tidak mudah, dan kedalaman materi masing-masing mata pelajaran menjadi kurang.
3.      Penilaian Autentik
Penilaian autentik ini mencakup tiga aspek yang dinilai yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Terutama menilai afektif dan psikomotor yang tidak mudah.
4.      Pendekatan Saintifik
Dalam kurikulum 2013 ini telah ditentukan pendekatan yang harus dipakai yaitu pendekatan saintifik. Pertanyaannya, apakah semua mata pelajaran cocok dengan pendekatan saintifik? Bagaimana dengan mata pelajaran agama dan sejarah yang menekankan penanaman nilai?
5.      Penyusunan RPP
Tujuan penyusunan RPP adalah agar apa yang akan dilaksanakan saat pembelajaran berjalan lancar dan sistematis. Namun masalahnya format dan sistematika penyusunan RPP yang rumit menjadi kendala tersendiri. Kalau setiap malam guru disibukkan dengan pembuatan RPP, lalu kapan guru bisa mempersiapkan diri untuk mengajarnya, seperti pembuatan media dan pemahaman materi yang akan disampaikan kepada siswa.

1 comment: