Friday 30 November 2018

CARA MENGATASI ANAK NAKAL

1.      Jangan mudah marah
Menghadapi anak yang nakal jangan mudah marah walaupun tingkahnya menjengkelkan. Apabila kita mudah marah maka dia akan terbiasa dengan sikap marah kita sehingga tidak akan merasa takut lagi. Berbeda ketika kita jarang marah lalu sekali kita marah dia akan merasa kaget dan takut. Sikap marah ini diperlukan apabila perilakunya sudah di luar batas.
2.      Kenali apa yang disukainya
Berdasarkan pengalaman saya mengasuh keponakan kategori nakal. Saya cari tahu apa yang menjadi kesukaannya. Waktu itu kesukaannya adalah main game. Saat kita sudah tahu kesukaannya maka ketika dia rewel atau ngamuk, saya coba ajak bermain game.
3.      Turuti keinginannya selama masih wajar
Biasanya anak itu keinginannya jajan, nonton, dan main. Usahakan kita selalu menuruti keinginannya tersebut dalam catatan masih wajar.
4.      Buat dia tertawa
Anak biasanya merasa nyaman dengan orang yang bisa membuatnya tertawa. Memang tidak mudah membuat anak tertawa, karena kita harus tahu karakteristiknya dulu. Tetapi apabila hal ini sudah dapat kita lakukan, dia akan merasa nyaman dan segan dengan kita.
5.      Menjadi lawan bicara yang menyenangkan
Walaupun kita orang dewasa, tetapi kita harus tahu bahasa anak. Cobalah kita masuk ke dalam dunia anak. Saat kita sudah mampu menjadi lawan bicara yang menyenangkan maka dia akan mendengarkan dan menuruti nasihat kita.

No comments:

Post a Comment