Saturday 24 November 2018

FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG SISWA BERPRESTASI

Faktor Internal
1.      Minat: biasanya kalau seorang siswa suka dengan suatu kegiatan, maka ia akan bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam melakukannya. Ini akan mendorong dalam pencapaian prestasi.
2.      Bakat: biasanya bakat merupakan faktor turunan baik dari orang tuanya, kakek/neneknya maupun cicitnya. Siswa yang berbakat akan lebih piawai dan lebih mudah meraih prestasi.
3.      Motivasi: seorang siswa merasa iri dengan temannya yang meraih juara umum di sekolahnya. Lalu dia belajar dengan giat dan akhirnya bisa mengalahkan temannya tersebut. Dalam kasus ini, seorang siswa termotivasi untuk bisa berprestasi seperti temannya.
4.      Kondisi fisik: seorang siswa yang kondisi fisiknya normal akan berbeda dengan siswa yang berkelainan atau cacat. Kondisi fisik ini akan mempengaruhi dalam pencapaian prestasi.
5.      Kematangan: siswa PAUD usia 4 tahun dilatih dan ditarget menjuarai lomba lari sprint di kejuaraan Asian Games 2018. Tentu hal tersebut tidak akan tercapai karena secara kematangan belum cukup.

Faktor Eksternal
1.      Keluarga: kasus seorang siswa laki-laki yang mengikuti ekskul seni tari ditentang oleh orang tuanya. Akibatnya siswa tersebut berhenti dari ekskul seni tari tersebut. Dukungan keluarga sangatlah penting.
2.      Sekolah: siswa yang di sekolahnya mendapatkan dukungan seperti sarana dan prasarana yang lengkap, lingkungan yang nyaman, dan pengajaran yang baik tentu akan lebih mudah dalam mencapai prestasi dalam akademiknya.
3.      Masyarakat: sekelompok anak yang bergaul di masyarakat perokok, setidaknya dari mereka akan ikut merokok. Begitupun jika seorang anak yang dalam masyarakatnya memiliki keterampilan mengukir dan meraih prestasi, maka setidaknya dari mereka ada yang pandai mengukir.

1 comment: