Wednesday 14 February 2018

PERBEDAAN ANTARA DANAU (SITU), BENDUNGAN (DAM), BENDUNG, WADUK, EMBUNG, TELAGA, DAN CEKDAM

Danau (Situ)
Danau (situ) adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi air, baik air asin ataupun air tawar, yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi daratan. Contohnya: Danau Laut Kaspia di Rusia, Danau Toba di Sumatra Utara, dan Situ Patengan di Jawa Barat.

Bendungan (Dam)
Bendungan (dam) adalah bentuk fisik atau bangunan yang dibuat untuk menghalangi atau menahan aliran air. Air yang ditahan ini akan terkumpul dalam satu tempat penampungan air yang ukurannya besar. Inilah yang disebut waduk. Bendungan (dam) biasanya dilengkapi dengan pintu air yang berukuran raksasa, yang fungsinya untuk mengendalikan air yang keluar dari waduk. Contohnya: Bendungan Karanganyar di Jawa Tengah, Bendungan Keplang di Jawa Barat, dan Bendungan Serut di Jawa Timur.

Bendung
Bendung ini mirip dengan bendungan (dam) hanya saja ukuran bendung lebih kecil dibandingkan bendungan (dam). Bendung tidak memiliki pintu air seperti bendungan (dam), sehingga air yang ada dibiarkan meluap dan mengalir dari bagian atas bendung. Bendung digunakan dalam irigasi pertanian, mengetahui debit air, serta menghambat laju kecepatan aliran air. Contohnya: Bendung Cibeureum dan Sentigi di Jawa Barat.

Waduk
Waduk merupakan bagian dari bendungan (dam) dan bendung. Waduk ini berupa danau buatan atau kolam penyimpanan yang ukurannya sangat besar. Biasanya waduk digunakan untuk membendung serta menyimpan air sungai. Air yang ditampung di dalam waduk dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Contohnya: Waduk Jatiluhur di Jawa Barat, Waduk Karangkates di Jawa Timur, dan Waduk Sigura-gura di Sumatra Utara.

Embung
Embung merupakan bangunan berbentuk cekung yang berfungsi untuk menampung kelebihan air pada saat terjadi hujan. Air yang ditampung tadi digunakan sebagai persediaan suatu desa saat musim kering tiba, serta dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas air yang ada di sungai ataupun di danau. Contohnya: Embung Aiqbukaq dan Bote di NTB.

Telaga
Telaga adalah semacam danau yang kecil di mana sinar matahari bahkan dapat mencapai dasarnya. Contohnya: Telaga Warna di Jawa Barat, Telaga Pengilon di Jawa Tengah, dan Telaga Sarangan di Jawa Timur.

Cekdam
Cekdam atau tanggul penghambat adalah bendungan kecil dengan kontruksi sederhana (urugan tanah atau batu), dibuat pada alur jurang atau sungai kecil. Cekdam atau tanggul penghambat ini berfungsi untuk mengendalikan sedimen dan aliran permukaan yang berasal dari daerah tangkapan di sebelah atasnya. Contohnya: Cekdam Babadan di Jawa Timur, Cekdam Baderan di Jawa Tengah, dan Cekdam Kowo di NTB.
Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Apa-Bedanya-Dam-Bendung-Embung-Dan-Waduk
http://www.ilmudasar.com/2017/04/Pengertian-Fungsi-dan-Proses-Terbentuknya-Danau-adalah.html
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_bendungan_dan_waduk_di_Indonesia

1 comment:

  1. terimakasih infonya sangat menarik, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2NkavPz

    ReplyDelete