Friday 2 February 2018

DAFTAR NABI DAN RASUL YANG ANAKNYA MENJADI NABI DAN RASUL

Nabi Ibrahim A.S.
Nabi Ibrahim dilahirkan tepatnya 2.166 SM di tanah Ur-Kasdim yang sekarang berada di sebelah selatan Irak. Nama aslinya ketika ia lahir ialah Abram (Bapak Mulia). Nabi Ibrahim memiliki anak yang kelak menjadi seorang nabi dari 2 istrinya yakni Sarah dan Hajar. Hajar melahirkan anak yang bernama Ismail, sedangkan Sarah melahirkan anak yang bernama Ishaq.

Nabi Ishaq A.S.
Ishaq bin Ibrahim menikah dengan Revkah (Rifqah) pada tahun 2088 SM. Dari pernikahan ini Ishaq memiliki anak kembar yakni Yaqub dan Esau (Aysu). Adapun Anak Nabi Ishaq yang kelak menjadi nabi ialah Ya’qub.

Nabi Ya’qub A.S.
Nama lain dari Ya’qub adalah Israel. Ya’qub memili 4 istri yaitu Leah dan Rahel serta dua budak yang diperistri. Istri Ya’qub yang melahirkan anak kelak menjadi nabi ialah Rahel. Adapun anak Rahel yang dimaksud yaitu Yusuf.

Nabi Ayyub A.S.
Nabi Ayyub adalah seorang nabi yang ditugaskan berdakwah kepada Bani Israil dan Kaum Amoria di Haran, Syam. Nabi Ayyub memiliki seorang istri yang bernama Rahmah. Adapun anaknya yang kelak menjadi nabi adalah Zulkifli.

Nabi Daud A.S.
Nabi Daud adalah nabi dan rasul Allah yang diberi kitab Zabur. Nabi Daud menikah dengan seorang wanita yang bernama Tasayukh. Dari pernikahan tersebut, lahirlah anak yang kelak menjadi nabi bernama Sulaiman.

Nabi Zakaria A.S.
Zakaria bin Dan adalah keturunan Rahbaam bin Sulaiman. Zakaria yang bersaudara kandung dengan Imran, menikah dengan seorang wanita bernama Elisabeth. Dalam situs web lain dikatakan bahwa nama istrinya Yashbi atau Ashba masih keturunan dengan Harun. Dari istrinya itulah Nabi Zakaria dikaruniai anak yang kelak menjadi nabi bernama Yahya.

www.masuk-islam.com

No comments:

Post a Comment