Saturday 24 February 2018

PERBEDAAN ANTARA SIKAP, SIFAT, TEMPERAMEN, WATAK ATAU KARAKTER, DAN KEPRIBADIAN

Sikap adalah suatu perbuatan/tingkah laku sebagai reaksi/respons terhadap sesuatu rangsangan/stimulus, yang disertai dengan pendirian dan atau perasaan orang itu. Singkatnya, sikap adalah hasil dari pengaruh lingkungan. Contoh: Pa Endang selalu marah-marah jika melihat halaman rumahnya kotor. Pa Amin bersikap acuh tak acuh terhadap persoalan yang menyangkut keluarganya.

Sifat merupakan ciri-ciri tingkah laku atau perbuatan yang banyak dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam diri seperti pembawaan, minat, konstitusi dan cenderung bersifat tetap/stabil. Singkatnya, sifat merupakan percampuran antara sifat-sifat pembawaan dan pengaruh lingkungan. Contoh: Si Asep pemarah, Si Rosid pembohong, Si Kokom penangis.

Temperamen adalah sifat-sifat jiwa yang sangat erat hubungannya dengan konstitusi tubuh. Yang dimaksud dengan konstitusi tubuh di sini ialah keadaan jasmani seseorang yang terlihat dalam hal-hal yang khas baginya, seperti keadaan darah, pekerjaan kelenjar, pencernaan, pusat saraf, dan lain-lain. Singkatnya, temperamen hampir-hampir tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Contoh: Bu Teti sering marah-marah, karena mengidap hipertensi. Tukul memiliki kemampuan melawak yang dikagumi, karena memiliki raut wajah yang lucu.

Sikap, sifat, dan temperamen adalah termasuk ke dalam watak atau karakter. Jadi ketiganya merupakan komponen-komponen watak atau karakter. Sedangkan yang dimaksud dengan watak atau karakter itu adalah merupakan aspek saja dari keseluruhan pribadi seseorang atau personality seseorang. Watak atau karakter lebih ditekankan dalam hubungannya dengan moral dan norma-norma etis daripada dengan aspek-aspek kepribadian yang lainnya.
Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

Sumber:
Purwanto, Ngalim. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

No comments:

Post a Comment