Sunday 4 February 2018

3 HEWAN PALING UNIK DARI KAMPUNGKU

Celemes
Celemes adalah hewan yang secara fisik merupakan perpaduan antara tupai dan cecurut. Bulunya yang berwarna cokelat kekuningan seperti tupai ditambah moncong yang mengerucut seperti cecurut, menjadi keunikan tersendiri dari hewan ini. Sewaktu saya kecil, hewan yang satu ini seakan menjadi primadona. Kerapkali orang memburu hewan ini untuk dipelihara. Biasanya hewan ini bersarang di batang pohon pisang yang membusuk. Saat ini, saya belum pernah lagi melihat hewan tersebut. Entah masih ada atau tidak.

Tando
Pandai terbang bukan burung, pandai melompat bukan tupai. Hayo hewan apa? Ya jawabannya tando. Tampilannya yang sangat mirip tupai disertai sayap yang melekat di antara kaki sampingnya, sehingga membuatnya bisa terbang. Tak ayal, seringkali orang menyebut hewan ini sebagai tupai terbang. Hewan ini biasanya bersarang di atas pohon aren atau kelapa. Dulu pernah teman saya mendapatkan hewan ini, sangat menggemaskan sekali.

Tuweul
Warga di kampung saya menyebut hewan ini tuweul. Primata ini berbulu putih dan matanya belo seperti tarsius. Secara keseluruhan hewan ini mirip sekali dengan kukang. Selain itu, ciri khas dari hewan ini yaitu pergerakannya yang lambat dan melindungi diri dari musuh dengan mengencingi tubuhnya sendiri. Dulu pernah salah seorang warga mendapatkan hewan ini. Namun setelah itu sampai saat ini tidak ada lagi.

No comments:

Post a Comment