Thursday 22 February 2018

LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT PRODUK EDUTAINMENT

Seperti halnya yang kita tahu, bahwa edutainment itu memiliki beberapa jenis, seperti nyanyian, permainan, kuis, dan humor. Oleh karena itu, untuk langkah-langkah dalam pembuatannya sendiri sesuai dengan jenis tersebut. Namun di sini akan dipaparkan mengenai langkah-langkah pembuatan salah satu jenis edutainment berupa nyanyian yang dipilih sebagai produk edutainment.
a.    Tentukan tema yang akan dibuat. Tema tersebut sesuai dengan prinsip edutainment yaitu edukasi dan hiburan, maka dipilih dari materi pelajaran. Materi pelajaran tersebut harus dikerucutkan lagi menjadi suatu resume atau rangkuman agar lebih mudah dalam penentuan ide pokok.
b.   Pilihlah ide pokok atau kata-kata kunci yang berkaitan dengan tema yang telah dipilih. Tujuan dari pemilihan ide pokok atau kata-kata kunci tersebut adalah agar nyanyian yang dibuat mudah dipahami akan kandungan yang ada di dalamnya.
c.     Carilah kata-kata yang indah yang menyokong ide pokok atau kata-kata kunci yang telah ditentukan. Kata-kata indah tersebut berupa kata berima, kata lucu, dan kata kiasan agar nampak indah. Namun, kata-kata indah tersebut harus tetap disesuaikan dengan tingkat usia anak.
d.   Padukanlah ide pokok atau kata-kata kunci dengan kata-kata indah sehingga menjadi suatu kalimat. Kalimat-kalimat yang telah dibuat harus saling berkaitan agar menjadi suatu kesatuan.
e.    Padukanlah kalimat-kalimat tersebut sehingga menjadi suatu paragraf yang utuh.

Sumber:
Ahmad, Restu N.S. (2017). Skripsi: Penerapan Metode Edutainment untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Daur Air. Bandung: UPI

No comments:

Post a Comment