Wednesday 21 February 2018

PERBEDAAN ANTARA SIMPULAN DAN KESIMPULAN

Berdasarkan KBBI, kata simpulan memiliki arti 1 sesuatu yang disimpulkan atau diikatkan; 2 hasil menyimpulkan; kesimpulan. Sedangkan kesimpulan berarti 1 ikhtisar (dari uraian, pidato, dan sebagainya;) kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya); 2 keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif.

Menurut Tesaurus Bahasa, kata simpulan memiliki padanan dengan 1 buhulan, ikatan; 2 deduksi, inferensi, kesimpulan, konklusi, penali; akhir, kesudahan; 3 determinasi, jalan keluar, jalan lepas, keputusan, ketetapan, pendapat, resolusi; kesimpulan. Sedangkan kata kesimpulan berpadanan dengan 1 deduksi, intuisi, praduga; 2 hasil, puncak, akhir, kesudahan; 3 penilaian; 4 penghentian, menyelesaikan, penutupan.

Dengan demikian, antara simpulan dan kesimpulan sesungguhnya memiliki arti yang sama. Namun pada penggunaannya, kata “simpulan” dapat digunakan pada bacaan, juga sesuatu hasil menyimpulkan atau yang disimpulkan misalnya pada tali. Sedangkan kata “kesimpulan” hanya digunakan pada bacaan.
Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

No comments:

Post a Comment