Monday 19 February 2018

CONTOH FORMAT DAN PEDOMAN PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

SATUAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Mata Pelajaran: 1. ………………………………..
                          2. ………………………………..
                          3. ………………………………..
                          4. ………………………………..

Sekolah Dasar: SDN Sukamenak III
Kelas/Semester: ………………………………..
Alokasi Waktu: ………… x pertemuan (@.......menit)

Standar Kompetensi
Tuliskan standar kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tematik
Kompetensi Dasar dan Indikator
Tuliskan kompetensi dasar dan indikator yang dapat dipadukan yang hendak dicapai dengan menggunakan pembelajaran tematik. Tuliskan juga nomor kompetensi dasarnya.
Materi Pembelajaran
Tuliskan materi pokok (beserta uraian singkat) yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
Strategi Pembelajaran
Tuliskan strategi pembelajaran berupa kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi, pembelajaran, dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar, mencakup kegiatan tatap muka dan pengalaman belajar.
Alat, Media, dan Sumber
Tuliskan berbagai alat dan media atau sumber belajar lain yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk pencapaian kompetensi dasar dan indikator. Tuliskan juga sumber bahan/rujukan yang digunaka dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Gunakan cara penulisan yang sudah baku, tuliskan juga bagian/bab dan halamannya.
Penilaian dan Tindak Lanjut
Tuliskan prosedur, jenis, bentuk, dan alat/instrumen yang digunakan untuk menilai pencapaian proses dan hasil belajar siswa, serta tindak lanjut hasil penilaian, seperti: remedial, pengayaan, atau percepatan. Sesuaikan dengan teknik penilaian berbasis kelas, seperti: penilaian portofolio, hasil karya (product), penugasan (project), kinerja (performance), dan tes tertulis (paper & pen).

Sumber:
Hernawan, Asep Herry, Asra dan Dewi, Laksmi. (2007). Belajar & Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS

No comments:

Post a Comment