Thursday 15 February 2018

PERBEDAAN MENDASAR ANTARA MODEL PROBLEM SOLVING DAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)

Model problem solving adalah pembelajaran yang berorientasi pada penggunaan masalah sebagai bahan kajian dalam pembelajaran melalui proses analisis untuk mencari jawaban sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang mendalam dan tak mudah hilang dalam ingatannya. Problem solving ini diciptakan oleh John Dewey yang awalnya bernama problem method, sebagai prinsip dasarnya adalah perlunya aktivitas dalam mempelajari sesuatu.

Langkah-langkah pembelajarannya:
1.      Menyajikan masalah
2.      Merumuskan masalah
3.      Merumuskan hipotesis
4.      Menguji hipotesis
5.      Mempraktikkan alternatif pemecahan masalah

Model PBL (Problem Based Learning) merupakan pembelajaran yang berusaha menerapkan masalah yang terjadi dalam dunia nyata sebagai sebuah konteks bagi para siswa dalam berlatih bagaimana cara berpikir kritis dan mendapatkan keterampilan dalam pemecahan masalah, serta mendapatkan pengetahuan sekaligus konsep yang penting dari materi ajar yang dibicarakan. PBL berakar dari keyakinan John Dewey bahwa guru harus mengajar dengan menarik naluri alami siswa untuk menyelidiki dan menciptakan.

Langkah-langkah pembelajarannya:
1.      Menemukan masalah
2.      Membangun struktur kerja
3.      Menetapkan masalah
4.      Mengumpulkan dan membagi informasi
5.      Merumuskan solusi
6.      Menentukan solusi terbaik
7.      Menyajikan solusi
8.      Pasca pembelajaran

Perbedaan antara keduanya terletak pada masalah yang disajikan. Pada problem solving, biasanya masalah yang disajikan bukan masalah yang nyata dengan kata lain masalah yang direkayasa. Sedangkan pada PBL, masalah yang disajikan harus kontekstual dan otentik/nyata/alamiah. Selain itu, cara penyelesaian masalah pun terdapat perbedaan. Pada problem solving, masalah dapat diselesaikan hanya dengan diskusi saja. Sedangkan pada PBL, dibutuhkan penelitian mengenai masalah tersebut, sehingga penyelesaian yang diberikan benar-benar telah melalui proses panjang. Langkah-langkah dalam PBL juga lebih panjang dibandingkan dengan problem solving. Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

http://overgift.blogspot.co.id/2014/02/persamaan-dan-perbedaan-problem-solving.html
http://www.infoduniapendidikan.com/2015/06/pengertian-dan-langkah-model-pembelajaran-problem-based-learning.html

No comments:

Post a Comment