Thursday 1 March 2018

PERBEDAAN ANTARA MURID, SISWA, DAN PESERTA DIDIK

Murid adalah orang (anak) yang sedang berguru (belajar, bersekolah). Sedangkan siswa ialah murid (terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah). Adapun peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

Berdasarkan pemaparan tersebut, perbedaan dari ketiganya yakni murid itu lebih umum, siapa pun dalam konteks berguru biasa disebut murid. Misalnya: murid ngaji, murid pencak silat, murid sekolah, dsb. Sedangkan siswa lebih ditujukan pada murid pendidikan formal terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah. Misalnya: siswa SD, siswa SMP, siswa SMA, dsb. Adapun peserta didik konteksnya lebih luas lagi, mencakup murid atau siswa maupun siapa saja yang sedang mengenyam pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Misalnya: murid atau siswa, mahasiswa, peserta diklat, rombel, masyarakat baca, dsb.
Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Membedakan 𝗠𝘂𝗿𝗶𝗱, 𝗦𝗶𝘀𝘄𝗮, 𝗱𝗮𝗻 𝗣𝗲𝘀𝗲𝗿𝘁𝗮 𝗗𝗶𝗱𝗶𝗸

    𝘔𝘶𝘳𝘪𝘥 adalah orang (anak) yang sedang berguru (belajar, bersekolah). Sedangkan 𝘚𝘪𝘴𝘸𝘢 ialah murid terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah). Adapun 𝘗𝘦𝘴𝘦𝘳𝘵𝘢 𝘋𝘪𝘥𝘪𝘬 adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

    Berdasarkan pemaparan tersebut, perbedaan dari ketiganya yakni murid itu lebih umum, siapa pun dalam konteks berguru biasa disebut murid. Misalnya: Murid ngaji, murid pencak silat, murid sekolah, dsb. Sedangkan siswa lebih ditujukan pada murid pendidikan formal terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah. Misalnya: Siswa SD, siswa SMP, siswa SMA, dsb. Adapun Peserta Didik konteksnya lebih luas lagi, mencakup murid atau siswa maupun siapa saja yang sedang mengenyam pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Misalnya: murid atau siswa, mahasiswa, peserta diklat, rombel, masyarakat baca, dsb.

    ReplyDelete