Thursday 1 March 2018

PERBEDAAN ANTARA MOTIF DAN MOTIVASI

Berdasarkan KBBI, motif ialah alasan (sebab) seseorang melakukan sesuatu. Sedangkan motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Sementara itu, menurut Alex Sobur dalam buku psikologi umum (2009:267) motif merupakan dorongan, hasrat, keinginan, dan tenaga penggerak lainnya yang berasal dari dalam dirinya. Sedangkan motivasi yakni membangkitkan motif, membangkitkan daya gerak, atau menggerakkan seseorang/ diri sendiri untuk berbuat sesuatu dalam rangka mencapai suatu kepuasan/ tujuan.

Jadi berdasarkan pengertian tersebut, bahwa perbedaan keduanya yakni motif ialah dorongan untuk melakukan sesuatu, sedangkan motivasi adalah kekuatan yang mengarahkan dorongan tersebut.

Misalkan ada kasus, Maryono sakit hati oleh Waryati. Sakit hati tersebut apakah akan diarahkan untuk memaafkan atau melakukan hal-hal negatif. Dari sana, sakit hati adalah motif, sedangkan kekuatan yang mengarahkan sakit hati tersebut adalah motivasi.
Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

No comments:

Post a Comment