Kurikulum 2013
1. Harus
menggunakan pendekatan pembelajaran saintifik atau scientific approach dengan
tahapan 5M yaitu Mengamati, Menanya, Mencoba/Mengumpulkan Data,
Mengasosiasikan/Mengelola Informasi, dan Mengkomunikasikan/Menyajikan.
2. Komponen
silabus terdiri dari Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator,
Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu, dan
Sumber Belajar.
3. Penilaian
pembelajaran terdapat Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian
Akhir Semester (UAS).
4. Dalam
RPP, disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dengan lembar penilaian
terpisah dari lembar materi pembelajaran.
5. Proses
pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan Kegemaran Membaca,
Pemahaman Beragam Bacaan, dan Berekspresi dalam Bentuk Tulisan.
Kurikulum 2013 Edisi
Revisi 2017-2018
1. Pendekatan
saintifik atau scientific approach dengan tahapan 5M bukanlah
satu-satunya pendekatan saat pembelajaran dan apabila digunakan maka susunannya
tidak harus berurutan.
2. Komponen
silabus lebih ramping terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Materi Pembelajaran,
dan Kegiatan Pembelajaran.
3. Penilaian
pembelajaran terdapat Penilaian Harian (Pengganti Ulangan Harian), Penilaian
Akhir Semester (Pengganti UAS) untuk Semester 1, dan Penilaian Akhir Tahun
(Pengganti UAS) untuk Semester 2. Tidak ada lagi UTS, langsung ke Penilaian
Akhir Semester atau Penilaian Akhir Tahun.
4. Dalam
RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi
pembelajaran dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian.
5. Proses
pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan Penguatan Pendidikan
Karakter (PPK), Literasi, 4C (Creative, Critical
Thinking, Communicative, dan Collaborative), dan
HOTS (Higher Order Thinking Skill).
Lebih lengkapnya dapat
kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com
www.guru-id.com
No comments:
Post a Comment