1. TIK sebagai Media
Pembelajaran
Sebelumnya saat KTSP, TIK
merupakan mata pelajaran terpisah. Sedangkan dalam kurikulum 2013, TIK menjadi
media pembelajaran. Artinya TIK harus diterapkan dalam setiap kegiatan
pembelajaran. Terutama bagi guru yang tidak muda lagi juga bagi sekolah yang berada
di daerah dan pedalaman yang terkendala sarana prasarana, ini dirasa sulit.
2. Pembelajaran Tematik
Tujuan dari pembelajaran
tematik adalah agar antarmata pelajaran dan materi saling terkait dan tidak
terpisah-pisah. Namun masalah yang muncul adalah tidak semua mata pelajaran dan
materi cocok untuk ditematikkan, membagi porsi materi dari masing-masing mata
pelajaran yang ditematikkan tidak mudah, dan kedalaman materi masing-masing
mata pelajaran menjadi kurang.
3. Penilaian Autentik
Penilaian autentik ini
mencakup tiga aspek yang dinilai yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor.
Terutama menilai afektif dan psikomotor yang tidak mudah.
4. Pendekatan Saintifik
Dalam kurikulum 2013 ini
telah ditentukan pendekatan yang harus dipakai yaitu pendekatan saintifik.
Pertanyaannya, apakah semua mata pelajaran cocok dengan pendekatan saintifik?
Bagaimana dengan mata pelajaran agama dan sejarah yang menekankan penanaman
nilai?
5. Penyusunan RPP
Tujuan penyusunan RPP adalah
agar apa yang akan dilaksanakan saat pembelajaran berjalan lancar dan
sistematis. Namun masalahnya format dan sistematika penyusunan RPP yang rumit
menjadi kendala tersendiri. Kalau setiap malam guru disibukkan dengan pembuatan
RPP, lalu kapan guru bisa mempersiapkan diri untuk mengajarnya, seperti
pembuatan media dan pemahaman materi yang akan disampaikan kepada siswa.
Setuju
ReplyDelete