Monday 7 November 2016

RANGKUMAN MATERI KURIKULUM DAN SILABUS PENDIDIKAN III

Prinsip-prinsip pengembangan silabus: ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual, fleksibel, dan menyeluruh.

Komponen-komponen silabus: standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

Pendekatan pengembangan kurikulum:
Berdasarkan sistem pengelolaan: terpusat dan tersebar.
Berdasarkan fokus sasaran: penguasaan ilmu pengetahuan, kompetensi, pembentukan pribadi, pemecahan masalah kemasyarakatan, dan kemampuan standar.

Model-model pengembangan kurikulum:
Model Tyler: menekankan pada bagaimana merancang suatu kurikulum disesuaikan dengan tujuan dan misi institusi pendidikan.
Model Taba: menekankan pada bagaimana mengembangkan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan kurikulum.
Model Olivia: menekankan pada sifat sederhana, komprehensif, dan sistematis.
Model Miller-Seller: terdapat 5 komponen yaitu: orientasi, tujuan, model-model pengajaran, penerapan, dan evaluasi.
Model Gagne: menekankan pada pemikiran logis, sistematis, tes-empiris, dan penemuan fakta.
Model Robinson: menekankan untuk menjamin bahwa program inkuiri dapat dengan mudah dipadukan pada kurikulum sekolah.
Model Zais: menekankan pada siapa yang memiliki inisiatif dalam pengembangan kurikulum.
  1. Model administratif (top-down): adanya inisiatif pengembangan kurikulum datang dari administrator pendidikan.
  2. Model grassroot: insiatif pengembangan kurikulum datang dari bawah.
  3. Model demonstrasi: inovasi kurikulum dalam skala kecil yang selanjutnya digunakan dalam skala yang lebih luas.
Model Rogers: terdapat 4 langkah: pemilihan target, partisipasi guru, pengembangan pengalaman kelompok, dan partisipasi orang tua.

Evaluasi kurikulum: proses pemberian pertimbangan mengenai nilai dan arti kurikulum.

Model evaluasi kurikulum CIPP (Context, Input, Process, Product): tujuan program evaluasi adalah membantu meningkatkan kurikulum yang ada dalam suatu sistem sekolah.

5 substansi inovasi kurikulum: menetapkan perencanaan, menguji kurikulum secara komprehensif, menganalisis kesenjangan antara teori dan praktek, perhatian terhadap kurikulum implisit, dan mengembangkan pendekatan yang sistematis.  

No comments:

Post a Comment