Sunday 6 November 2016

RANGKUMAN MATERI KURIKULUM DAN SILABUS PENDIDIKAN II

Peranan kurikulum:
Peranan konservatik: memelihara dan mewariskan kebudayaan.
Peranan kritis dan evaluatif: menilai dan memilih unsur kebudayaan yang diwariskan.
Peranan kreatif: menciptakan sesuatu yang baru.

Fungsi kurikulum bagi peserta didik:
Fungsi penyesuaian: membimbing peserta didik untuk mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Fungsi integrasi: menghasilkan pribadi yang utuh.
Fungsi diferensiasi: memberikan layanan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.
Fungsi persiapan: mempersiapkan peserta didik untuk melanjutkan studinya pada jenjang berikutnya dan untuk dapat hidup di masyarakat.
Fungsi pemilihan: memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih program yang sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
Fungsi diagnostik: membantu peserta didik mengenal kelebihan dan kekurangannya.

Fungsi kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan:
Proses kognitif
Proses aktualisasi diri
Proses rekonstruksi sosial
Program akademik

Prinsip pengembangan kurikulum:
Prinsip umum: prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, praktis, dan efektivitas.
Prinsip khusus berkenaan dengan: tujuan pendidikan, pemilihan isi pendidikan, pemilihan proses belajar mengajar, dsb.

Posisi kurikulum dalam pendidikan:
Sebagai konstruk untuk mentransfer apa yang sudah terjadi di masa lalu kepada generasi berikutnya.
Sebagai jawaban untuk menyelesaikan masalah pendidikan.
Membangun kehidupan masa depan.

Landasan filosofis kurikulum:
Aliran idealisme (Socrates dan Plato): menekankan pada pemberian pengalaman kejiwaan.
Aliran perenialisme (Thomas Aquinas): menekankan pada pengembangan kemampuan intelektual.
Aliran realisme (Aristoteles): menekankan pada penelitian ilmiah.
Aliran pragmatisme (John Dewey): menekankan pada pengalaman peserta didik.
Aliran eksistensialisme (Soren Aabye Kierkegaard): menekankan pada membantu peserta didik menemukan arti keberadaannya.
Aliran esensialisme (Johann Fiedrich Herbart): menekankan pada pengembangan kemampuan peserta didik.

No comments:

Post a Comment