Sunday 6 November 2016

RANGKUMAN MATERI KURIKULUM DAN SILABUS PENDIDIKAN

Pengertian kurikulum:
Secara luas: seluruh pengalaman yang diperoleh peserta didik di bawah tanggung jawab sekolah.
Secara sempit: sejumlah mata pelajaran yang harus diajarkan kepada peserta didik di sekolah guna memperoleh ijazah.

Aspek-aspek pembelajaran: sumber belajar, struktur sosial kelas, otoritas, aturan, dan standar kegiatan.

Kurikulum formal: seluruh pengalaman peserta didik yang sesuai dengan yang direncanakan secara tertulis.
Kurikulum tersembunyi: seluruh pengalaman peserta didik di luar jangkauan dari yang telah direncanakan secara tertulis.

Macam-macam kurikulum:
Kurikulum humanistik: bersumber dari aliran pendidikan pribadi. Menekankan pada budaya personal, kebebasan individu, dan pengembangan.
Kurikulum rekonstruksi sosial: bersumber dari aliran pendidikan interaktif. Menekankan pada masalah  yang terjadi di masyarakat.
Kurikulum teknologis: bersumber dari aliran pendidikan teknlogis. Menekankan pada penguasaan kompetensi.
Kurikulum akademik: bersumber dari aliran pendidikan klasik (perenialisme dan esensialisme). Menekankan pada pemeliharaan dan pewarisan budaya masa lalu.

Dimensi kurikulum: sebagai ide, rencana tertulis, proses pembelajaran, hasil belajar. (Hamid Hasan)

Pengembangan kurikulum meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan perbaikan.

Komponen/anatomi kurikulum: tujuan, isi atau materi, proses atau penyampaian dan media, dan evaluasi. (Prof. Dr. Nana Syaodih)

Tujuan kurikulum: tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional (lembaga), tujuan kurikuler (bidang studi), dan tujuan instruksional (pembelajaran).

Isi bahan ajar yang ideal mencakup: ilmu pengetahuan, keterampilan dan proses, dan nilai-nilai.

Tiga sumber yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum: masyarakat dan kebudayaannya, kebutuhan peserta didik, dan pengetahuan.

Materi pembelajaran meliputi:
Teori: seperangkat konsep yang saling berhubungan .
Konsep: sekelompok fakta atau gejala.
Generalisasi: kesimpulan umum.
Preposisi: cara yang digunakan untuk menyampaikan materi.

No comments:

Post a Comment