Sunday 2 December 2018

PERBEDAAN APERSEPSI DAN INVITASI

Ada yang mengatakan bahwa apersepsi dan invitasi adalah hal yang sama, ada juga yang mengatakan bahwa invitasi merupakan bagian dari apersepsi, dan ada juga yang mengatakan bahwa apersepsi dan invitasi berbeda. Mari kita coba jawab pernyataan tersebut.
Berdasarkan berbagai informasi yang didapat, mari kita lihat dari pengertian terlebih dahulu.
Apersepsi = mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya; mengingatkan kembali tentang materi yang pernah dipelajari siswa terkait dengan materi saat ini.
Invitasi = menggali informasi yang telah diketahui siswa mengenai materi yang sedang dipelajari; menanyakan pengetahuan awal siswa terkait materi yang sedang dipelajari.
Apabila kita lihat antara apersepsi dan invitasi dalam RPP khususnya yang menggunakan model STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat), ada tiga hal yang dapat kita bedakan:
1.      Apersepsi terdapat pada kegiatan pendahuluan, sedangkan invitasi terdapat pada kegiatan inti
2.      Apersepsi belum membahas materi, sedangkan invitasi sudah masuk ke dalam materi
3.      Apersepsi biasanya dilakukan guru dengan cara mengingatkan siswa tentang materi yang pernah dipelajari siswa sebelumnya terkait dengan materi yang akan dipelajari saat ini, sedangkan invitasi biasanya dilakukan guru dengan cara menanyakan pengetahuan awal siswa terkait dengan materi yang sedang dipelajari saat ini

No comments:

Post a Comment