Sunday 2 December 2018

PENTINGNYA PEMBELAJARAN SEJARAH LOKAL

Sejarah lokal merupakan peristiwa sejarah dalam lingkup geografis yang lebih sempit atau terjadi pada suatu daerah. Bedanya dengan sejarah nasional yaitu bahwa sejarah lokal hanya berlaku dalam daerah tertentu saja dan tidak dipelajari secara nasional. Seperti misalnya sejarah lokal Si Pitung dari Betawi, Arung Palakka dari Bone, Tajimalela dari Sumedang, Nyi Rambut Kasih dari Majalengka, dsb.
Mempelajari sejarah lokal tentu tidak kalah penting dengan sejarah nasional terutama bagi warga asal sejarah lokal tersebut. Dengan mempelajari sejarah lokal misalnya tentang sejarah nama suatu tempat tinggal kita, di samping sebagai bentuk kepedulian kita juga akan memberikan spirit rasa semakin memiliki dan menambah kecintaan. Coba bayangkan kalau sejarah lokal ini tidak dipelajari warga tersebut, pasti anak cucunya tidak lagi mengenal asal-usul tempat tinggalnya.
Pembelajaran sejarah di sekolah harus mampu mengakomodasi sejarah lokal. Oleh karena itu seorang guru sejarah harus mengetahui sejarah lokal di daerahnya. Porsi penyampaian dalam pembelajarannya yaitu bahwa sejarah nasional tetap menjadi prioritas dengan alokasi yang lebih besar, sedangkan untuk sejarah lokal sifatnya hanya pelengkap. Meskipun pelengkap tetapi usahakan bahwa siswa harus mengetahui akan sejarah lokal yang ada di tempat tinggalnya. Dengan begitu, nilai-nilai yang terkandung dari sejarah lokal dan nasional akan terinternalisasi ke dalam diri siswa.

1 comment: