Wednesday 12 December 2018

CARA BACA NAMA FREUD, JUNG, PIAGET, GAGNE, ROUSSEAU

Sigmund Freud
Sigmund freud adalah seorang Austria yang cukup terkemuka dalam bidang psikologi. Teorinya yang terkenal bernama psikodinamika / psikoanalisis. Namun sebagian dari kita masih bingung bagaimana sih cara baca “Sigmund Freud”? berdasarkan referensi yang diperoleh bahwa cara baca “Sigmund Freud” ialah “Simun Froid”.

Carl Jung
Carl Jung adalah psikiater Swiss dan perintis psikologi analitik. Pendekatan Jung terhadap psikologi yang unik dan berpengaruh luas ditekankan pada pemahaman “psyche” melalui eksplorasi dunia mimpi, seni, mitologi, agama serta filsafat. Lalu bagaimana cara baca namanya itu? Cara baca yang benar untuk “Carl Jung” bukan “Karl Jung” tetapi “Karl Yung”.

Jean Piaget
Kalau kita belajar psikologi perkembangan atau psikologi pendidikan, tidak asing mendengar nama Jean Piaget. Ia merupakan psikolog dari Swiss yang terkenal dengan teori skema / konstruktivis / koginitif pertama / cognitive develomental / perkembangan kognitif. Betewe bagaimana ya cara baca namanya itu? Cara baca yang benar untuk “Jean Piaget” adalah “Siang Piase” (bunyi “e” seperti pada “membeli” atau “memberi”).

Gagne
Nama lengkapnya Robert Mills Gagne adalah seorang psikolog pendidikan Amerika yang terkenal dengan teori instruksional / hirarki belajar. Adapun cara baca yang benar untuk “Gagne” adalah “Ganye” (bunyi “e” seperti pada “membeli” atau “memberi”).

Jean Jacques Rousseau
Jean Jacques Rousseau lahir di Jenewa, Swiss adalah seorang tokoh filosofi besar, penulis, dan komposer. Dalam dunia pendidikan, ia terkenal dengan konsep pendidikan naturalistik / pendidikan romantik. Adapun cara baca “Jean Jacques Rousseau” adalah “Siang Siak Ruso”.

Lebih lengkapnya dapat kamu download bukunya di dikdasebook.blogspot.com

7 comments: