Monday 13 November 2017

NAMA-NAMA HEWAN YANG DIAMBIL DARI BUNYI SUARANYA

Domba
Domba adalah termasuk hewan yang sering dikonsumsi manusia. Di samping dagingnya yang halal dikonsumsi, pun memiliki tingkat kelezatan yang sangat tinggi. Apalagi dengan menu olahan seperti sate, gule, steak, dll. Namun apakah pernah terpikir, mengapa hewan yang satu ini dinamakan domba? Ya hal itu tidak luput dari suaranya yang berbunyi “mbaaaaa”, jadilah dinamakan domba.

Mbe
Kadang orang tertukar pada hewan yang seharusnya mbe malah dibilang domba. Memang sepintas tampak sama tetapi kalau diperhatikan dengan seksama berbeda. Hewan mbe ini sebutan di masyarakat Sunda, sedangkan di Jawa disebut wedus dan dalam bahasa Indonesia disebut kambing. Coba dengarkan suara hewan yang satu ini pasti bunyinya “mbeeeee”, jadilah hewan ini dinamakan mbe.

Cakcak
Hewan ini disebut cakcak di masyarakat Sunda, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut Cecak. Memang mirip sih, mungkin asal katanya dari itu. Hewan sering kita temukan merayap di atap dan dinding rumah kita juga sesekali berbunyi “cakcakcakcak”. Maka dari bunyinya itulah disebut cakcak.

Toke
Namanya sama ajalah antara di Sunda “toke” dan bahasa Indonesia “tokek”, hanya masalah penyempurnaan ejaan aja. Hewan ini mungkin tampak mirip cecak, namun ukuran tubuhnya yang lebih besar. Seringkali hewan ini berbunyi “toke toke toke”, jadilah namanya toke.

Meong
Hewan ini seringkali berkeliaran di pekarangan rumah bahkan tak jarang masuk rumah. Di masyarakat Sunda disebut meong, namun dalam bahasa Indonesia disebut kucing. Sepintas apabila bersuara hewan ini mengeluarkan bunyi “meong meong”. Maka dari itulah hewan yang satu ini disebut meong.

No comments:

Post a Comment