Monday 13 November 2017

KAULINAN BARUDAK JAMAN BAHEULA

Dadaluan
Permainan ini bisa dilakukan di tanah yang digarisi juga bisa di pekarangan yang ada tiang-tiangnya. Permainan ini terdiri dari 2 tim. Tim yang satu menjaga garis atau tiang, sedangkan tim yang satunya lagi melewati tiang atau baris yang dijaga.

Bebentengan
Permainan ini dilakukan di tempat terbuka. Permainan ini terdiri dari 2 tim yang saling menjaga posnya. Anggota tiap tim saling mengejar anggota tim lawannya untuk kemudian ditangkap dan dipenjarakan. Apabila salah satu tim yang habis anggotanya, maka tim itulah yang kalah.

Boy-boyan
Seru sekali dulu waktu kecil bermain ini. Permainan ini menggunakan bola kasti dan kepingan genting. Kepingan genting tersebut disusun bertumpukan oleh tim penjaga, sedangkan tim lainnya melempar bola pada tumpukan genting tersebut. Setelah tumpukan genting terkena bola dan berceceran, maka tim penjaga harus melempar bola mengenai tubuh lawan. Apabila ada salah satu tim yang berhasil menyusun kembali kepingan genting tersebut seperti semula, maka itulah pemenangnya.

Ebrag-ebragan
Dulu saya jago banget maen ini. Permainan ini dilakukan di tanah yang sudah digarisi sedemikian rupa berpetak-petak. Bisa dilakukan individual atau berkelompok. Setiap pemain menggunakan sekeping pecahan genting untuk dilempar ke setiap petak. Dimulai dari petak pertama hingga akhir. Genting yang dilempar tersebut tidak boleh keluar petak atau menyentuh garis petak. Orang berhasil melalui semua petak, maka itulah pemenangnya.

Sapintrong
Permainan ini menggunakan tali atau karet gelang yang sudah disusun hingga panjang. Bisa dilakukan individual atau berkelompok. Dua orang yang memutar tali dan sisanya melompat di tempat mengikuti putaran tali tersebut. Permainan ini terdiri dari beberapa tahap dan masing-masing tahap memiliki gerakan tersendiri. Orang yang berhasil melalui semua tahap, maka itulah pemenangnya.

So-soan
Permainan ini sama dengan lompat tinggi. Namun media yang digunakan adalah tali atau karet gelang yang sudah disusun hingga panjang. Bisa dilakukan individual atau berkelompok. Permainan ini terdiri dari beberapa tahap dan masing-masing tahap diikuti pertambahan tinggi yang harus dilompati. Orang yang berhasil melompati setiap tahap ketinggian, maka itulah pemenangnya.

Ucing-ucingan
Permainan ini dilakukan secara individu namun melibatkan banyak orang. Biasanya diawali dengan ‘hom pim pah’ untuk menentukan siapa yang jadi ucing. Kemudian setelah terpilih ucingnya, maka ucing tersebut mengejar orang yang bukan ucing. Ketika ada salah seorang yang bukan ucing tersentuh oleh ucing, maka sekejap ucingnya berganti menajdi orang tersebut. Begitu seterusnya.

Sasamunian
Permainan ini juga melibatkan banyak orang. Satu orang yang mencari dan yang lainnya ngumpet. Semua orang yang ngumpet harus bisa ditemukan oleh si pencari. Namun ada kalanya yang ngumpet ini jail malah ngumpet di rumahnya, kasihan seharian si pencari nyariin.

No comments:

Post a Comment