Hasil belajar siswa harus meningkat
Meskipun tujuan PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) ini untuk meningkatkan hasil belajar, namun yang namanya tujuan tidaklah
menjamin hasilnya. Karena penelitian tersebut bersifat alamiah dan apabila
hasilnya harus meningkat maka akan memicu manipulasi data. Dari hasil
penelitian seorang peneliti akan mendapatkan gambaran apakah metode atau model
pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran dan materi tertentu cocok atau
tidak. Standar cocok atau tidaknya tersebut diperoleh dari hasil penelitian
apakah metode atau model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar
siswa atau tidak. Sehingga dalam pembelajaran nyata, dapat memudahkan peneliti
memilih metode atau model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kualitas
pembelajarannya.
Menentukan siklus hingga tak terbatas
Ada yang mengatakan bahwa kalau hasil
belajar siswa pada saat penelitian belum meningkat maka lanjutkan siklus
tersebut hingga berapa pun siklusnya (tak terbatas) sampai hasil belajar siswa
meningkat. Kalau demikian mau sampai kapan penelitiannya selesai. Lalu, apa
gunanya peneliti memilih desain penelitian pada Bab III, yang di dalamnya
terdapat penentuan siklus yang akan dilaksanakan berdasarkan teori para ahli.
Misalnya teori Kemmis & Taggart mengacu 2 siklus, lalu teori Elliot dengan
3 siklus. Pemilihan siklus tersebut sebagai rencana pelaksanaan penelitian yang
tercantum di Bab IV. Oleh karena itu, apabila peneliti telah menentukan
misalnya 2 siklus, maka dalam pelaksanaan penelitiannya pun konsisten 2 siklus.
Meskipun dari 2 siklus tersebut hasil belajar siswa tidak meningkat. Karena
yang menjadi tujuan dari penelitian adalah mendapatkan data apakah suatu metode
atau model pembelajaran dapat meningkatkan atau tidak terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran dan materi tertentu.
No comments:
Post a Comment