SATUAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Mata
Pelajaran: 1. ………………………………..
2. ………………………………..
3. ………………………………..
4. ………………………………..
Sekolah
Dasar: SDN Sukamenak III
Kelas/Semester:
………………………………..
Alokasi
Waktu: ………… x pertemuan (@.......menit)
Standar Kompetensi
Tuliskan
standar kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran tematik
Kompetensi Dasar dan Indikator
Tuliskan
kompetensi dasar dan indikator yang dapat dipadukan yang hendak dicapai dengan
menggunakan pembelajaran tematik. Tuliskan juga nomor kompetensi dasarnya.
Materi Pembelajaran
Tuliskan
materi pokok (beserta uraian singkat) yang perlu dipelajari siswa dalam rangka
mencapai kompetensi dasar dan indikator.
Strategi Pembelajaran
Tuliskan
strategi pembelajaran berupa kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus
dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi, pembelajaran, dan sumber
belajar untuk menguasai kompetensi dasar, mencakup kegiatan tatap muka dan
pengalaman belajar.
Alat, Media, dan Sumber
Tuliskan
berbagai alat dan media atau sumber belajar lain yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran yang sesuai untuk pencapaian kompetensi dasar dan indikator.
Tuliskan juga sumber bahan/rujukan yang digunaka dalam kegiatan pembelajaran
sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai. Gunakan cara penulisan yang
sudah baku, tuliskan juga bagian/bab dan halamannya.
Penilaian dan Tindak Lanjut
Tuliskan
prosedur, jenis, bentuk, dan alat/instrumen yang digunakan untuk menilai
pencapaian proses dan hasil belajar siswa, serta tindak lanjut hasil penilaian,
seperti: remedial, pengayaan, atau percepatan. Sesuaikan dengan teknik
penilaian berbasis kelas, seperti: penilaian portofolio, hasil karya (product), penugasan
(project),
kinerja (performance),
dan tes tertulis (paper
& pen).
Sumber:
Hernawan,
Asep Herry, Asra dan Dewi, Laksmi. (2007). Belajar &
Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS
No comments:
Post a Comment