Friday 29 May 2020

PERBEDAAN MENDASAR ANTARA SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI

Secara sistematika skripsi, tesis, dan disertasi tidak terlalu berbeda. Ketiganya bahkan sangat mirip. Namun ada beberapa yang menurut saya menjadi suatu perbedaan. Agar tidak bingung, yuk simak ulasannya!
1.      Strata
Maksudnya adalah jenjang pendidikan yang membedakan di antara ketiganya. Skripsi merupakan tugas akhir jenjang S1 / sarjana, tesis untuk jenjang S2 / master, dan disertasi menjadi tugas akhir jenjang S3 / doktoral.
2.      Orientasi
Sebenarnya secara akademis ketiganya memiliki tujuan yang sama yaitu berkontribusi dalam memecahkan masalah yang ada di masyarakat melalui prosedur ilmiah. Namun, untuk skripsi mungkin karena pengalaman pertama bagi mahasiswa jadi masih tahap pembelajaran membuat karya tulis. Lalu, untuk tesis karena sudah ada pengalaman dalam membuat skripsi jadi mulai belajar menjadi seorang peneliti profesional. Adapun untuk disertasi sudah menjadi peneliti professional.
3.      Kedalaman teori
Mungkin ini yang menjadi pembeda esensial. Biasanya tingkat kedalaman teori dari skripsi tidak terlalu dalam. Lalu, untuk tesis dituntut kedalaman teori yang lebih dari skripsi. Adapun disertasi tidak hanya kedalaman teori tapi juga menghasilkan teori baru.

1 comment: