Sunday 31 May 2020

PERBEDAAN IKHLAS DAN RIDHO

Dalam percakapan sehari-hari seringkali kita menggunakan istilah ikhlas dan ridho. Namun tidak sedikit juga dari kita yang masih bingung mengenai perbedaan di antara keduanya. Tidak usah berlama-lama, yuk simak aja ulasannya!

Menurut KBBI, ikhlas artinya bersih hati; tulus hati. Sedangkan ridho artinya rela; suka; senang. Menurut pengamatan saya, ikhlas itu merujuk pada ketulusan terhadap perbuatan baik diri sendiri. Sedangkan ridho merupakan ketulusan terhadap perbuatan baik orang lain. Contoh perbuatan ikhlas: saya bersedekah dengan ikhlas, saya mengurus anak panti asuhan dengan ikhlas, saya meminjamkan uang dengan ikhlas. Sedangkan contoh perbuatan ridho: orang tua ridho apabila anaknya mencari uang dengan halal, Allah ridho apabila perbuatan hambanya untuk ibadah, saya ridho apabila orang lain mengkritik.

1 comment: