Thursday 25 January 2018

KAULINAN BARUDAK ZAMAN BAHEULA

Bebeletokan

Seru banget rasanya waktu itu kalau maen bebeletokan bak di film “The Raid”. Bebeletokan ini merupakan mainan tradisional dari bambu yang berbentuk bedil-bedilan. Kita bisa berkreasi dalam merangkai laras panjangnya. Namun yang terpenting adalah harus nyaring bunyi tembakannya. Biasanya bebeletokan ini digunakan untuk main peperangan.

 

Ngaloloco

Ngaloloco adalah makan dalam loloco atau potongan bambu yang dijadikan wadah sekaligus tumbukan makanan semacam lesung lah. Sebenarnya makanan apa saja, namun biasanya berupa petis atau rujak.

 

Papalidan

Palid itu dalam Bahasa Sunda artinya hanyut. Jadi papalidan ialah menghanyutkan benda tetapi benda tersebut diikat dengan tali atau benang yang panjang sehingga masih dalam kendali kita. Maen yang ginian biasanya dilakukan di sungai atau selokan yang mengalir.

 

Jujungkungan

Kalau di saya sih namanya jujungkungan, tetapi di daerah lain namanya egrang. Dulu saya sampe frustrasi maen yang ginian. Sulit bagi saya untuk bisa menjaga keseimbangan sambil menjalankannya. Sempet heran sama temen saya yang dia bisa maen jujungkungan yang tingginya sampe 1 meter lebih hmm.

 

Papanggalan

Papanggalan adalah gasing tradisional. Biasanya gasingnya terbuat dari kayu, sedangkan pelontarnya dari tali, misalnya tali sepatu. Maen papanggalan tak kalah seru dengan gasing modern pastinya.

 

Ngadu Kaleci

Ngadu kaleci atau dalam Bahasa Indonesia disebut adu kelereng ialah mainan tradisional dengan alat utamanya yaitu kelereng. Ada beberapa jenis ngadu kaleci ini seperti adu logak, adu pasang, dan adu berig. Biasanya yang paling jago dalam menyentil kelereng itu akan meraup kelereng paling banyak.

 

Langlayangan

Langlayangan adalah kegiatan memainkan layangan. Dulu saya langlayangan ini di halaman rumah, di pinggir jalan, di lapangan, dan di persawahan. Langlayangan ini berlomba-lomba menerbangkan layangan yang paling tinggi. Tambah seru lagi kalau layangan kita beradu di udara dengan punya orang lain. Uh sungguh rindu dengan masa lalu.

1 comment:

  1. bandar taruhan ayam berlaga online di situs sabung ayam online terpercaya
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www.bolavita.vip
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete