Saturday 28 January 2017

SIMAK TERKA CIRI KHUSUS TUMBUHAN

Aku hidup di air. Memiliki bunga tunggal. Daun berbentuk bundar, lebar, dan tipis. Batang dan akar berongga. Bunga dan daun mengapung di air. Siapakah aku? Teratai

Aku mengapung di air, tetapi berakar dalam tanah. Memiliki bunga majemuk, daun tunggal berbentuk oval dan permukaannya licin, serta tangkai daun berongga. Siapakah aku? Eceng Gondok

Aku biasa hidup di gurun atau di tempat kering. Aku memiliki batang yang dilapisi lilin dan tempat menyimpan persediaan air. Aku memiliki daun berbentuk duri. Siapakah aku? Kaktus

Aku pemakan daging. Memiliki daun yang ujungnya terdapat kantong. Kantong tersebut mengeluarkan nektar, sebagai perangkap serangga. Siapakah aku? Kantong Semar

Aku pemakan daging. Aku memiliki daun berbentuk seperti engsel dan berbulu. Mengeluarkan bau yang khas, sebagai perangkap serangga. Siapakah aku? Venus

Aku termasuk bunga nasional, disebut juga puspa langka. Aku Merupakan bunga terbesar. Aku mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti daging busuk, untuk menarik serangga. Siapakah aku? Bunga Bangkai

Aku selalu menghadap ke arah matahari. Memiliki daun tunggal dan bunga besar berwarna kuning. Di dalam bunga terdapat biji yang biasa dibuat kuaci. Siapakah aku? Bunga Matahari.

Aku sejenis tumbuhan rumput. Tumbuh merambat seperti semak. Memiliki batang berwarna merah hati dan berduri. Aku memiliki daun yang mengatup bila disentuh. Siapakah aku? Putri Malu

Aku sering dijumpai di mana-mana. Aku jenis rumput-rumputan, tetapi tumbuh menjulang tinggi. Aku berkembang biak dengan tunas. Aku memiliki batang yang berongga, rongga yang berbuku-buku. Aku biasa digunakan sebagai bahan bangunan, bahan pembuat alat musik suling, bahkan sebagai senjata tradisional pada masa penjajahan. Siapakah aku? Bambu

Aku tumbuh merambat. Memiliki batang beruas-ruas, tidak berongga, lentur namun kuat, dan dilindungi oleh duri. Aku biasa dibuat kerajinan perabotan rumah tangga. Siapakah aku? Rotan

Aku merupakan tumbuhan yang serba guna. Bisa tumbuh tinggi. Batangku tidak bercabang dan bisa untuk bahan bangunan. Daun dan ijuk yang menempel bisa dibuat sapu. Buahku yang disebut kolang-kaling biasa dibuat minuman. Bungaku menghasilkan nira sebagai bahan gula merah. Siapakah aku? Pohon Aren

Aku merupakan tumbuhan yang serba guna. Bisa tumbuh tinggi. Biasanya aku tumbuh di pantai. Aku memiliki batang tidak bercabang. Daunku bisa dibuat sapu lidi. Bungaku menghasilkan nira sebagai bahan gula merah. Aku memiliki buah yang berserabut keras dan tebal. Daging buahnya dibungkus batok. Buahku bisa untuk minuman, olahan makanan, bisa juga dibuat minyak. Siapakah aku? Pohon Kelapa

Aku tumbuh di daerah kering. Bisa tumbuh tinggi. Memiliki batang tidak bercabang dan bunga yang menghasilkan nira sebagai bahan gula merah. Daunku berbentuk kipas dan biasa digunakan sebagai bahan pembuat alat musik sasando. Siapakah aku? Pohon Lontar

Aku hidup di pinggir pantai. Memiliki akar napas. Aku biasa ditanam untuk melindungi dari abrasi atau erosi pantai. Siapakah aku? Pohon Bakau

Aku bisa tumbuh tinggi dan besar. Memiliki akar gantung yang kekar, daun yang banyak dan rimbun, serta bunga yang muncul dari ketiak daun. Aku juga menjadi simbol dari sila ketiga. Siapakah aku? Pohon Beringin

Aku memiliki daun yang bisa digunakan untuk membungkus makanan. Pucuk daunnya mengeluarkan getah berwarna merah. Aku biasa menggugurkan daun di musim kemarau. Aku juga memiliki kayu yang kuat dan anti rayap, sehingga sangat baik untuk bahan bangunan. Siapakah aku? Pohon Jati

Aku biasa digunakan untuk bahan sandang. Memiliki batang yang ditumbuhi duri, daun yang gugur di musim kemarau, biji yang menghasilkan kapuk, dan memiliki bunga banci. Siapakah aku? Pohon Randu

www.google.com

No comments:

Post a Comment