Thursday 26 October 2017

ASAL USUL NAMA NEGARA DI ASEAN

Indonesia
Nama Indonesia mulai dikenal pada medio tahun 1800-an. Menurut sejarawan Universitas Oxford, Peter Carey, nama Indonesia muncul dan diperkenalkan James Richardson tahun 1850 dalam Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia. Nama Indonesia ini berasal dari kata “Indus (Hindia)” dan “Nesos (Kepulauan)”. Jadi Indonesia berarti “Kepulauan Hindia” yang waktu itu merupakan jajahan Belanda sehingga disebut Hindia-Belanda.

Muangthai atau Thailand
Nama Muangthai berasal dari kata “Muang (Negeri)” dan “Thai (Kerajaan Thai)”, sedangkan nama Thailand berasal dari kata “Thai (Kerajaan Thai)” dan “Land (Tanah atau Negeri)”. Jadi Muangthai atau Thailand berarti “Negeri Kerajaan Thai”.

Singapura
Nama Singapura berasal dari bahasa Sanskerta yakni “Singa atau Simha (Singa)” dan “Pura (Kota)”. Jadi Singapura artinya “Kota Singa”. Karena pada masa itu sang pendiri Negara Singapura mendengar auman yang disangkanya seekor singa.

Malaysia
Nama Malaysia berasal dari kata “Malay (Etnis Melayu) yang merupakan etnis terbesar di wilayah tersebut, dan “Nesos (Kepulauan)”. Jadi Malaysia berarti “Kepulauan Melayu”.

Filipina
Nama Filipina diambil dari nama raja Spanyol yaitu ”Raja Philip II”, sebagai penghormatan karena pada abad ke-16 Filipina dikuasai oleh Spanyol.

Brunei Darussalam
Nama Brunei diambil dari kata “Varuna” yang berarti “Pengembara Laut”, karena pada awalnya Brunei dihuni oleh pelaut dan pedagang.

Vietnam
Nama Vietnam berasal dari nama etnis mayoritas di wilayah tersebut yakni “Etnis Vietnam”.

Laos
Nama Laos berasal dari bahasa Lao yakni “Lan (Kerajaan)” dan “Xang (Gajah)”. Jadi Laos berarti “Kerajaan Gajah”. Karena pada saat itu wilayah tersebut banyak dihuni gajah.

Burma atau Myanmar
Nama Burma diambil dari nama etnis mayoritas di wilayah tersebut yaitu “Etnis Bamar”, sedangkan Myanmar berasal dari kata “Mya” yang artinya “Zamrud/Mutiara”.

Kamboja
Nama Kamboja berasal dari bahasa Khmer yaitu “Kampuchea” dan dari bahasa Sanskerta yakni “Kambuja”, merupakan sebuah kerajaan yang berkuasa di wilayah tersebut.

Sumber:
id.wikipedia.org
nasional.kompas.com
tourwisatasingapore.com

No comments:

Post a Comment