1. Sebutkan
3 unsur penting dalam proses pendidikan behavioristik yang dikemukakan oleh
Thorndike? Stimulus, respon, dan reinforcement
2. Teori
tentang kebenaran suatu pengetahuan yang berbunyi “Kebenaran merupakan
kesesuaian antara fakta dan situasi nyata” merupakan teori? Korespondensi
3. Eksistensi
manusia pada saat ini terpaut kepada masa lalunya, ia belum selesai mewujudkan
dirinya sebagai manusia, dan mengarah ke masa depan untu mencapai tujuan
hidupnya. Ini adalah makna dari dimensi? Historisitas
4. Sebutkan
3 konsep nilai yang dikemukakan oleh Notonegoro yang mencakup bentuk dan sifat?
Material, vital, dan spiritual
5. Siapa
tokoh aliran konvergensi? William Stern
6. Adanya
reincforment dalam proses pembelajaran didasari oleh paham? Empirisme
7. Kegiatan
belajar mengenal tanda dari Gagne dikenal dengan istilah? Simbol Learning
8. Tokoh
pengemuka teori Tabularasa adalah? John Locke
9. Lingkungan
yang berperan secara mendasar dalam mengembangkan kepribadian anak adalah?
Keluarga
10. Pengetahuan
biasa atau awam atau sering disebut commonsense knowledge sering disebut dengan
istilah? Akal sehat
11. Berdasarkan
isi pengetahuan, ilmu pengetahuan diklasifikasikan menjadi 3 kelompok yaitu?
Ilmu-ilmu kealaman, ilmu-ilmu sosial, dan ilmu-ilmu kemanusiaan
12. Manusia
dilahirkan dalam keadaan tidak berdaya, manusia lahir tidak langsunga dewasa,
manusia pada hakekatnya adalah makhluk social. Merupakan alas an bahwa manusia?
Manusia harus dididik
13. Sebutkan
alat pendidikan material? Sarana dan prasarana
14. Sebutkan
3 konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara? Ing ngarso sung tulodo, ing
madya mangun karso, tut wuri handayani
15. Pandangan
bhwa semua anak yang dilahirkan berpembawaan baik dan pembawaan baik itu akan
rusak karena pengaruh lingkungan, merupakan dalil dari aliran? Nativisme
16. Pendidikan
yang diberikan orang dewasa dapat merusak bakat anak yang baik. Pendapat
tersebut dikemukakan oleh? JJ. Rousseau
17. Upaya
yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam
kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut? Metode
18. Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan
bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai
dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Pernyataan di
atas merupakan salah satu langkah dari metode? Jigsaw
19. Untuk
memperoleh pandangan atau pendapat yang berlainan mengenai suatu isyu atau
topic controversial yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih
berpikir logis dan sistematis, merupakan tujuan dari metode? Debat
20. Suatu
metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri disebut? Metode Peer
Teaching
21. Kooperatif
learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada? Belajar dan
kelompok
22. Penilaian
kelompok belajar yang didasarkan atas rata-rata penguasaan semua anggota
kelompok secara individual disebut? Akuntabilitas individu
23. Pembentukan
kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat? Heterogen
24. Melalui
pembelajaran terpadu keuntungan pokok yang dirasakan siswa adalah? Mampu
mengaitkan pengetahuan yang dimiliki dengan penglaman sebelumnya
25. Pembelajaran
kontekstual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk? Menghubungkan
materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa
26. Penilaian
hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam
proses pembelajaran dan hasil posttest tersebut? Autentik Asesmen
27. Siswa
mengingat apa yang dikerjakan daripada apa yang didengarkan, motto tersebut
cocok dalam model pembelajaran? CTL
28. Prioritas
pertama yang harus dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu
adalah? Pemetaan kompetensi dasar, SK, KD, SK KI
29. Mejikuhibiniu
adalah salah satu teknik pembelajaran penguatan memori dalam model
pembelajaran? Kuantum
30. Sebutkan
3 peranan yang dinilai sangat penting dalam kurikulum? Konservatif, kreatif,
kritis dan evaluative
31. Fungsi
yang mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu
membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan
(potensi) dan kelemahan yang dimilikinya? Fungsi diagnostic
32. Secara
sederhana kurikulum itu diartikan sebagai? Sejumlah mata pelajaran yang harus
ditempuh siswa
33. Garis-garis
besar program pengajaran (GBPP) merupakan kurikulum yang? Ideal
34. Kualifikasi
yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah
dasar merupakan tujuan? Tujuan institusional
35. Landasan
utama dalam pengembangan kurikulum adalah landasan? Landasan filosofis
36. Pendekatan
pengembangan kurikulum yang muncul atas dasar inisiatif para guru dilingkungan
sekolah disebut? Grassroot Approach
37. Educating
for character dicetuskan oleh? Thomas Lickona
38. Motivasi
yang banyak dipengaruhi oleh penghargaan atau hukuman adalah motivasi?
Ekstrinsik
39. Guru
berkata “Jawaban kamu bagus” kepada peserta didik yang menjawab dengan tepat
pertanyaannya. Jika analisis dengan teori belajar, guru tersebut sedang
menerapkan salah satu teknik penguatan dari teori belajar? Behaviorisme
40. Catatan
anekdot dibuat untuk merekam tentang? Gambaran tingkah laku siswa dalam situasi
tertentu
41. Ada
empat unsur utama yang harus dikembangkan dalam membuat perencanaan
pembelajaran, yaitu? Tujuan, materi, waktu, dan evaluasi
42. Empat
unsur perumusan tujuan pembelajaran adalah? Audience, behavior, condition,
degree
43. Focus
utama dalam merancang kegiatan pembelajaran adalah? Tujuan
44. Aspek-aspek
dari domain kognitif adalah? Pemahaman dan penerapan
45. Undang-undang
yang mengatur tentang system pendidikan nasional adalah? UU No. 20 tahun 2003
46. Guru
sebagai pendidik professional dinyatakan dalam undang-undang tentang guru dan
dosen, yaitu? UU No. 14 tahun 2005
47. Pemerintah
mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pendidikan nasional yang
meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dalam undang-undang pasal dan ayat?
Pasal 31 ayat 3
48. Kurikulum
sd yang mulai diberlakukan tahun 1994 menekankan kepada? Kemampuan baca, tulis,
hitung
49. Kurikulum
yang disebut sebagai kurikulum transisi antara masa orde lama dengan masa orde
baru yaitu kurikulum tahun? Tahun 1968
50. Sebutkan
salah satu latar belakang digantinya kurikulum SD tahun 1975 dengan kurikulum
SD tahun 1984? Adanya unsur baru dalam GBHN tahun 1983, adanya kesenjangan
program pendidikan di SD dengan kebutuhan, terlalu syaratnya materi kurikulum
SD tahun 1975
51. Sebutkan
3 keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru? Bertanya, menjelaskan,
dan mengelola kelas
52. Rasa
ingin tahu dan sikap antusias yang kuat terhadap segala sesuatu merupakan cirri
yang menonjol pada anak usia? 4-5 tahun
53. Sebutkan
empat aspek perkembangan yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan
anak menurut Hadis (2003:5)? Perkembangan fisik, kognitif, bahasa, dan sosio
emosional
54. Sebutkan
enam prinsip mengajar menurut Mursel? Konteks, focus, sosialisasi, individualisasi,
urutan, dan evaluasi
55. Sebutkan
empat pilar pendidikan yang diajukan oleh UNESCO? Learning to know, learning to
do, learning to be, learning to live together
No comments:
Post a Comment