Saturday, 2 May 2015

KUMPULAN SOAL & JAWABAN MKDU DAN MKDP PGSD

1.      Sebutkan 3 unsur penting dalam proses pendidikan behavioristik yang dikemukakan oleh Thorndike? Stimulus, respon, dan reinforcement
2.      Teori tentang kebenaran suatu pengetahuan yang berbunyi “Kebenaran merupakan kesesuaian antara fakta dan situasi nyata” merupakan teori? Korespondensi
3.      Eksistensi manusia pada saat ini terpaut kepada masa lalunya, ia belum selesai mewujudkan dirinya sebagai manusia, dan mengarah ke masa depan untu mencapai tujuan hidupnya. Ini adalah makna dari dimensi? Historisitas
4.      Sebutkan 3 konsep nilai yang dikemukakan oleh Notonegoro yang mencakup bentuk dan sifat? Material, vital, dan spiritual
5.      Siapa tokoh aliran konvergensi? William Stern
6.      Adanya reincforment dalam proses pembelajaran didasari oleh paham? Empirisme
7.      Kegiatan belajar mengenal tanda dari Gagne dikenal dengan istilah? Simbol Learning
8.      Tokoh pengemuka teori Tabularasa adalah? John Locke
9.      Lingkungan yang berperan secara mendasar dalam mengembangkan kepribadian anak adalah? Keluarga
10.  Pengetahuan biasa atau awam atau sering disebut commonsense knowledge sering disebut dengan istilah? Akal sehat
11.  Berdasarkan isi pengetahuan, ilmu pengetahuan diklasifikasikan menjadi 3 kelompok yaitu? Ilmu-ilmu kealaman, ilmu-ilmu sosial, dan ilmu-ilmu kemanusiaan
12.  Manusia dilahirkan dalam keadaan tidak berdaya, manusia lahir tidak langsunga dewasa, manusia pada hakekatnya adalah makhluk social. Merupakan alas an bahwa manusia? Manusia harus dididik
13.  Sebutkan alat pendidikan material? Sarana dan prasarana
14.  Sebutkan 3 konsep pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara? Ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani
15.  Pandangan bhwa semua anak yang dilahirkan berpembawaan baik dan pembawaan baik itu akan rusak karena pengaruh lingkungan, merupakan dalil dari aliran? Nativisme
16.  Pendidikan yang diberikan orang dewasa dapat merusak bakat anak yang baik. Pendapat tersebut dikemukakan oleh? JJ. Rousseau
17.  Upaya yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran disebut? Metode
18.  Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Pernyataan di atas merupakan salah satu langkah dari metode? Jigsaw
19.  Untuk memperoleh pandangan atau pendapat yang berlainan mengenai suatu isyu atau topic controversial yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih berpikir logis dan sistematis, merupakan tujuan dari metode? Debat
20.  Suatu metode mengajar yang dibantu oleh temannya sendiri disebut? Metode Peer Teaching
21.  Kooperatif learning merupakan pendekatan pembelajaran yang memfokuskan pada? Belajar dan kelompok
22.  Penilaian kelompok belajar yang didasarkan atas rata-rata penguasaan semua anggota kelompok secara individual disebut? Akuntabilitas individu
23.  Pembentukan kelompok belajar dalam pembelajaran kooperatif harus bersifat? Heterogen
24.  Melalui pembelajaran terpadu keuntungan pokok yang dirasakan siswa adalah? Mampu mengaitkan pengetahuan yang dimiliki dengan penglaman sebelumnya
25.  Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang mendorong guru untuk? Menghubungkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa
26.  Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil posttest tersebut? Autentik Asesmen
27.  Siswa mengingat apa yang dikerjakan daripada apa yang didengarkan, motto tersebut cocok dalam model pembelajaran? CTL
28.  Prioritas pertama yang harus dilakukan pada penyusunan rencana pembelajaran terpadu adalah? Pemetaan kompetensi dasar, SK, KD, SK KI
29.  Mejikuhibiniu adalah salah satu teknik pembelajaran penguatan memori dalam model pembelajaran? Kuantum
30.  Sebutkan 3 peranan yang dinilai sangat penting dalam kurikulum? Konservatif, kreatif, kritis dan evaluative
31.  Fungsi yang mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu membantu dan mengarahkan siswa untuk dapat memahami dan menerima kekuatan (potensi) dan kelemahan yang dimilikinya? Fungsi diagnostic
32.  Secara sederhana kurikulum itu diartikan sebagai? Sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh siswa
33.  Garis-garis besar program pengajaran (GBPP) merupakan kurikulum yang? Ideal
34.  Kualifikasi yang diharapkan dicapai oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar merupakan tujuan? Tujuan institusional
35.  Landasan utama dalam pengembangan kurikulum adalah landasan? Landasan filosofis
36.  Pendekatan pengembangan kurikulum yang muncul atas dasar inisiatif para guru dilingkungan sekolah disebut? Grassroot Approach
37.  Educating for character dicetuskan oleh? Thomas Lickona
38.  Motivasi yang banyak dipengaruhi oleh penghargaan atau hukuman adalah motivasi? Ekstrinsik
39.  Guru berkata “Jawaban kamu bagus” kepada peserta didik yang menjawab dengan tepat pertanyaannya. Jika analisis dengan teori belajar, guru tersebut sedang menerapkan salah satu teknik penguatan dari teori belajar? Behaviorisme
40.  Catatan anekdot dibuat untuk merekam tentang? Gambaran tingkah laku siswa dalam situasi tertentu
41.  Ada empat unsur utama yang harus dikembangkan dalam membuat perencanaan pembelajaran, yaitu? Tujuan, materi, waktu, dan evaluasi
42.  Empat unsur perumusan tujuan pembelajaran adalah? Audience, behavior, condition, degree
43.  Focus utama dalam merancang kegiatan pembelajaran adalah? Tujuan
44.  Aspek-aspek dari domain kognitif adalah? Pemahaman dan penerapan
45.  Undang-undang yang mengatur tentang system pendidikan nasional adalah? UU No. 20 tahun 2003
46.  Guru sebagai pendidik professional dinyatakan dalam undang-undang tentang guru dan dosen, yaitu? UU No. 14 tahun 2005
47.  Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dalam undang-undang pasal dan ayat? Pasal 31 ayat 3
48.  Kurikulum sd yang mulai diberlakukan tahun 1994 menekankan kepada? Kemampuan baca, tulis, hitung
49.  Kurikulum yang disebut sebagai kurikulum transisi antara masa orde lama dengan masa orde baru yaitu kurikulum tahun? Tahun 1968
50.  Sebutkan salah satu latar belakang digantinya kurikulum SD tahun 1975 dengan kurikulum SD tahun 1984? Adanya unsur baru dalam GBHN tahun 1983, adanya kesenjangan program pendidikan di SD dengan kebutuhan, terlalu syaratnya materi kurikulum SD tahun 1975
51.  Sebutkan 3 keterampilan mengajar yang harus dimiliki oleh guru? Bertanya, menjelaskan, dan mengelola kelas
52.  Rasa ingin tahu dan sikap antusias yang kuat terhadap segala sesuatu merupakan cirri yang menonjol pada anak usia? 4-5 tahun
53.  Sebutkan empat aspek perkembangan yang perlu ditingkatkan dalam kegiatan pengembangan anak menurut Hadis (2003:5)? Perkembangan fisik, kognitif, bahasa, dan sosio emosional
54.  Sebutkan enam prinsip mengajar menurut Mursel? Konteks, focus, sosialisasi, individualisasi, urutan, dan evaluasi
55.  Sebutkan empat pilar pendidikan yang diajukan oleh UNESCO? Learning to know, learning to do, learning to be, learning to live together

No comments:

Post a Comment